seperti yang di lansir di situs berita online kabar indonesia
Mantan Presiden Abdurrahman Wahid wafat, Rabu (30/12) pukul 18.45 WIB, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, beberapa saat setelah dijenguk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden Yudhoyono tiba di halaman RSCM sekitar pukul 18.30 menggunakan mobil kepresidenan dengan pengawalan tidak terlalu ketat yakni hanya dikawal lima mobil Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Presiden Yudhoyono yang mengenakan kemeja batik berwarna coklat tampak masuk dari pintu utama RSCM langsung menuju kamar tempat KH Abdurrachman Wahid (Gus Dur) dirawat sejak beberapa hari lalu.

Tidak tampak Ibu Negara Ani Yudhoyono mendampingi Presiden. Sekitar 10 menit setelah Presiden tiba, datang Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih yang tampak agak terburu-buru.

Ia kemudian segera menyusul ke kamar tempat Gus Dur dirawat yang sedang dikunjungi Presiden.

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini dirawat di ruang VVIP nomor 116 Gedung A RSCM. Sebelum dirawat di RSCM Jakarta, Gus Dur sempat menjalani perawatan medis di RS Jombang Jawa Timur, pada Kamis (24/12), karena kelelahan setelah melakukan kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur.

Beberapa saat sebelum dijenguk Presiden, kondisi Gud Dur sudah dinyatakan dalam kondisi kritis.