Jakarta – Gayus Tambunan masih menjalani pemeriksaan di Mabes Polri. Pemeriksaan terkait keganjilan penanganan kasus pajak Rp 28 milliar.

“Banyak keterangan baru yang didapat untuk mendukung keganjilan penanganan kasus Gayus ini di tahun 2009,” kata penasihat Kapolri, Prof Dr Kastorius Sinaga, kepada detikcom, Selasa (31/3/2010).

Kastorius menjelaskan, pemeriksaan Gayus akan sangat berarti untuk mengungkap adanya praktek markus. Selanjutnya, keterangan Gayus akan dibandingkan dengan keterangan tersangka lainnya.

“Pemeriksaan GHT saat itu juga untuk kroscek hasil pemeriksaan yang didapat tim dari pemeriksaan terhadap AK,” jelas sosiolog ini.

Tiba di Mabes Polri, Gayus Tambunan langsung diperiksa tim independen yang dipimpin Irjen Pol Mathius Salempang. “GHT (Gayus Tambunan) langsung diperiksa oleh tim yang dipimpin oleh Mathius Salempang,” tambahnya.

Kepada detikcom, Kastorius mengaku diperintahkan Kapolri untuk ikut melihat langsung pemeriksaan. Sebelum diperiksa penyidik, Gayus sempat diperiksa kesehatan oleh tim dokter.

“Sebelum diperiksa, GHT minta izin ke kamar kecil lalu setelah itu dia diperiksa
dokter,” jelasnya.

“Pemeriksaan dokter mencakup mulut, tekanan darah. GHT tampak tenang. Hasil tensi GHT 120/180,” tandasnya.