Jakarta – Gara-gara rumor soal iPhone CDMA, pembicaraan soal iPhone generasi berikutnya pun makin ramai. Salah satunya menyebutkan, perangkat itu akan dinamai iPhone HD.

John Gruber, dari blog Daring Fireball, misalnya menyebutkan beberapa spekulasi soal kemampuan iPhone generasi berikutnya. Misalnya, ia menyebutkan akan digunakannya prosesor A4, sama dengan yang digunakan pada iPad.

Seperti dikutip detikINET dari ArsTechnica, Rabu (31/3/2010), Gruber juga menyebutkan adanya layar dengan resolusi 960 x 640 pixel. Hal lainnya termasuk kamera yang menghadap ke wajah serta sistem operasi iPhone OS 4.0.

Menurut Ars Technica, prosesor A4 bukan tidak mungkin dipilih Apple untuk iPhone generasi terbaru itu. Selain untuk menambah tenaga, A4 juga bisa memberikan waktu penggunaan yang lebih lama bagi iPhone.

Nah, Engadget menyebutkan iPhone generasi baru ini nantinya akan disebut ‘iPhone HD’. Huruf HD pada buntut nama iPhone itu agaknya merujuk pada kata-kata High Definition.

Sebutan HD ini sejalan dengan peningkatan resolusi layar yang disebutkan Gruber (960 x 640). Sedangkan generasi iPhone yang ada sekarang hanya memiliki resolusi 480 x 320.

Kamera iPhone HD pun disebut-sebut akan di-upgrade juga agar sesuai dengan namanya. Misalnya, kamera belakang akan memiliki resolusi 5 megapixel, naik dari 3.2 megapixel. Kamera itu konon akan bisa merekam video pada resolusi HD 720p atau Full HD 1080p, bandingkan dengan resolusi 640 x 480 yang ada sekarang.

Rumor, rumor dan rumor soal iPhone HD ini agaknya akan terus meramaikan perbincangan para penggila gadget. Paling tidak sampai Apple mengeluarkan pengumuman resminya.

Satu hal lagi, iPhone HD konon akan diumumkan oleh Apple pada pertengahan 2010. Bahkan, ada spekulasi yang menyebutkan iPhone HD akan diluncurkan pada akhir Juni 2010.