SUKOHARJO—Kecelakaan karambol terjadi di jalan raya Solo-Wonogiri tepatnya di Kampung Widoro, Desa Kepoh, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Selasa (30/3). Kecelakaan yang melibatkan bus Jaya Mulya AD 1566 DG, mobil Isuzu Panther H 8805 JG dan truk Toyota Dyna AD 1799 BG ini mengakibatkan sedikitnya 51 orang mengalami luka-luka.
Meskipun tak ada korban jiwa, namun akibat kecelakaan yang terjadi pukul 11.30 WIB tersebut arus lalu lintas macet cukup lama.
Salah satu penumpang bus Jaya Mulya, Joko Wahyono (40) menceritakan bus yang dinaikinya memang sudah melaju kencang sejak dari Wonogiri menuju Solo. Warga Baturetno Wonogiri ini mengaku saat melaju di lokasi kejadian, ban bus pecah dan oleng ke sebelah kanan.

Secara bersamaan dari arah berlawanan meluncur truk Toyota Dyna dan mobil Isuzu Panther yang berjalan secara berurutan. Tabrakan pun tak dapat dihindarkan. Setelah menabrak dua kendaraan tersebut, bus juga menghantam pohon di tepi jalan sisi kanan. “Waktu itu posisi saya tepat di belakang sopir, sehingga mengetahui persis kejadian itu,” ujar Joko meyakinkan.
Dari informasi yang dikumpulkan di lokasi kejadian, sedikitnya 49 korban luka-luka langsung dilarikan ke RSUD Sukoharjo dan RS Dr Oen Solo Baru untuk mendapatkan pertolongan. Termasuk sopir bus tersebut, Acuk Riyanto dan kondekturnya yang sempat pingsan di lokasi kejadian.
Pengemudi Isuzu Panther, Sriyono mengatakan saat peristiwa itu ada tujuh orang penumpang di dalam mobilnya. Beberapa orang di antaranya mengalami luka ringan. Sementara akibat kecelakaan itu mobilnya mengalami kerusakan cukup serius. “Yang penting semua selamat,” ujar Sriyono.
Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Sis Raniwati belum bisa memberi keterangan saat berada di lokasi kejadian. “Laporan baru masuk dan kita baru melakukan olah TKP. Setelah semua informasi terkumpul baru kita jelaskan,” jelasnya. Ditanya soal tindakan selanjutnya untuk sopir bus tersebut, Sis belum bisa menjelaskan. (mal)