Jakarta– Langkah Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Umum DPP PDIP untuk yang ketiga kalinya bakal mulus dan lancar. Sebab, 33 DPD secara resmi sudah menyatakan dukungan dan mengirim surat resmi.

“33 DPD PDIP semuanya meminta kesediaan Ibu Mega kembali menjadi ketua umum. Surat keputusan untuk Mega kembali menjadi ketua umum PDIP telah diurus panitia hampir di setiap DPC dan DPD. Semua sudah diurus,” kata Puan dalam jumpa pers di ruang F PDIP DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/3/2010).

Menurut anak Megawati ini, dukungan DPD PDIP yang mutlak kepada Mega menunjukkan partai banteng moncong putih masih butuh sosok mantan Presiden RI ke-5 itu. Terkait adanya perbedaan antara beberapa elit soal koalisi atau oposisi, hal itu dianggap sebagai dinamika demokrasi yang wajar.

“PDIP tetap solid, tidak ada perbedaan mendasar di internal partai. Jika ada sejumlah kader PDIP ingin berkoalisi dengan pemerintah sedangkan yang lain ingin tetap beroposisi, itu dinamika politik yang wajar.” terangnya.

Puan membantah pilihan sikap oposisi atau koalisi yang disuarakan beberapa kader PDIP menunjukkan karakter kader yang ideologis dan pragmatis. “Jadi kalau ada kubu pragmatis dan ideologis, itu tidak benar. Kita solid, satu garis,” tegasnya.

“Kalau ada dinamika, wajar menjelang Kongres. Tapi keputusan tertinggi tetap pada Kongres,” pungkas ketua DPP PDIP ini.