MELBOURNE—Nasib sial kembali dialami andalan Red Bull Racing Sebastian Vettel pada seri kedua F1 2010 di GP Australia. Sempat memimpin lomba, Vettel akhirnya harus keluar dari balapan dan memberikan keuntungan kepada pembalap McLaren, Jenson Button yang tampil sebagai juara di Sirkuit Albert Park, Minggu (28/3).
Vettel yang pada seri sebelumnya di Bahrain gagal menang karena kerusakan mesin, kali ini ia harus menyelesaikan lomba lebih awal karena gagal mengendalikan mobilnya di pertengahan lap. Kegagalan Vettel pun dimanfaatkan Button yang sebelumnya berada di belakangnya (posisi dua) untuk menorehkan kemenangan perdananya musim ini.
Membalap dengan cuaca basah (hujan), Vettel mengawali balapan dengan cemerlang. Mengambil start di posisi terdepan, jagoan Red Bull Racing ini langsung melesat meninggalkan lawannya. Aksi cemerlang juga ditampilkan pembalap Ferrari Felipe Massa yang memulai start di posisi lima. Massa melakukan manuver gemilang dengan menyodok ke posisi dua, sesaat setelah start.
Namun memasuki tikungan pertama, juara di seri pertama Fernando Alonso (Ferrari) terlibat benturan dengan mobil pembalap McLaren Jenson Button. Insiden ini pun sempat menyeret Michael Schumacher (Mercedes GP) yang harus terperosok ke gravel. Beruntung, mobilnya masih bisa berjalan dan hanya mengalami sedikit kerusakan pada bagian sayap depan. Schumi pun langsung bergegas masuk pit untuk memperbaiki sayap depannya tersebut. Di pertengahan sirkuit saat memasuki lap kedua, kejadian tragis dialami pembalap Sauber Kamui Kobayashi yang gagal mengendalikan mobilnya dengan baik.
Ganti Ban
Insiden tersebut memaksa safety car mengambil pimpinan jalannya lomba sekira tiga lap ke depan. Kondisi cuaca yang kering seiring jalannya balapan, membuat sejumlah pembalap masuk ke pit untuk mengganti ban ke tipe untuk balapan kering (slick). Tercatat, hampir semua pembalap mengganti ban di sepuluh lap awal.
Memasuki lap ke-20, Sebastian Vettel masih memegang kendali balapan. Vettel dibuntuti juara bertahan Jenson Button yang melakukan gambling dengan mengganti ban meski kondisi trek masih sedikit basah. Pembalap Renault Robert Kubica menguntit di posisi tiga, diikuti Nico Rosberg di posisi empat.
Nasib sial kembali dialami Vettel yang berada dalam posisi memimpin jalannya lomba. Seperti di seri sebelumnya di Bahrain, Vettel harus kehilangan posisi terdepan. Vettel pun harus mengakhiri perjuangannya di GP Australia. Hal ini praktis memberi keuntungan kepada Button yang otomatis megambil alih pimpinan lomba.