Jakarta – Kartu grafis anyar besutan Nvidia, GTX 480, tidak hanya dapat digunakan untuk memainkan game kelas kakap. Karena panasnya yang tinggi produk ini juga bisa digunakan untuk memasak telur.

Ada-ada saja memang ulah yang dilakukan oleh para penggila hardware yang bernaung di Legit Review, saking tingginya panas yang ditimbulkan oleh GTX 480 membuat mereka melakukan percobaan dengan memasak telur di atas kartu grafis tersebut.

GeForce GTX 480 merupakan produk andalan Nvidia untuk meramaikan jajaran kartu grafis directX 11 yang selama ini dikuasai oleh AMD. Namun selain menawarkan performa yang tinggi, produk yang dibanderol di kisaran USD 350 itu memiliki panas yang cukup tinggi.

Seperti dikutip detikINET dari Legit Review, Kamis (1/4/2010), ketika diopersaikan dengan 2 buah monitor sekaligus, panas pada GTX 480 mencapai 86 Celcius. Panas yang cukup tinggi memang dan mungkin bakal berdampak buruk pada jangka panjang.

Suhu yang semikian tinggi itu diduga karena putaran kipas yang terlampau rendah. Melalui aplikasi GPU-Z, secara default terlihat kipas pada GTX 480 hanya berputar sebesar 49% pada kondisi full load.

Selain dibuktikan dengan GPUZ, panas berlebih pada GTX 480 juga dibuktikan dengan memasak telur di atasnya. Hasilnya, meski tidak sepenuhnya matang namun bagian tepi telur sudah terlihat mengeras dan berubah warna.