Jakarta – Berdasarkan hasil konferensi daerah (Konferda), Megawati Soekarnoputri hampir dipastikan akan kembali memimpin PDIP sampai 2015. Dalam masa kepemimpinannya lima tahun mendatang, Megawati bersama dengan DPD dan DPC PDIP se-Indonesia akan mengusulkan tiga nama calon ketua umum untuk dipilih pada Kongres selanjutnya.

Demikian salah satu poin penting dalam draf usulan perubahan Anggaran Dasar dan Anggara Rumah Tangga(AD/ART) yang dikemukakan anggota Pantia Pengarah (Steering Committee) Kongres, Andreas Pareira, kepada detikcom, Kamis (1/4/2010). Draf juga sudah mendapat persetujuan dari Megawati selaku ketua umum.

Andreas menjelaskan, mekanisme tersebut dibuat agar pergantian kepemimpinan dari Megawati yang sudah 17 tahun, berjalan dengan mulus.

“Ini masa transisi yang sangat penting. Untuk mendapatkan kepemimpinan yang kuat, pengalihan tongkat estafet harus berjalan mulus,” kata Andreas.

Menurut Andreas, cara tersebut tepat untuk menjembatani keinginan antara pihak yang masih mendambakan kepemimpinan PDIP dilanjutkan oleh trah Soekarno, dengan yang tidak menyoalkan trah Soekarno.

“Ini bisa jadi sinergi dua dikotomi,” kata mantan anggota Komisi I DPR itu

Iklan