Jakarta – Kartu grafis dengan arsitektur Fermi dari Nvidia diklaim sangat perkasa. Bahkan, jagoan kubu AMD yang bernama Radeon HD 5870 pun diklaim berhasil ditumbangkannya. Benarkah?

Pamer kekuatan itu dilakukan Nvidia melalui kartu grafis GTX 480 yang menggunakan arsitektur Fermi. Pengujian dilakukan oleh Tom Peterseon, Director of Technical Marketing dari Nvidia. Menurut Peterseon, GTX 480 lebih bertenaga ketika menjalan aplikasi berbasis DirectX 11, khususnya dengan detail yang tinggi.

Sepeti dikutip detikINET dari Fudzilla, Senin (8/3/2010), melalui situs berbagi video, Youtube, Nvidia membeberkan hasil pengujiannya. Dalam video berdurasi 4 menit tersebut menunjukan bahwa ‘kubu merah’ alias AMD tertinggal hampir 50% di bawah ‘kubu hijau’ alias Nvidia.

Hasil yang cukup mencengangkan memang, namun sayang belum dapat dipastikan kebenarannya. Pasalnya, pengujian tersebut hanya dilakukan dengan aplikasi benchmark sintetis bukan game sesungguhnya dan hanya dilakukan oleh pihak Nvidia.

Selain memamerkan seberapa cepat GTX 480 ‘berlari’, Peterseon juga mendemostrasikan penggunakan 3 layar monitor High-Defition (HD) sekaligus dalam modus 3D Surround. Hal ini menunjukan bahwa, GTX 480 merupakan kartu grafis pertama yang mampu menampilkan gambar 3D stereoskopis dengan modus surround.

Kapan ‘kubu merah’ akan menunjukkan perlawanannya?