Sepang – Sepang menghadirkan drama meski tanpa guyuran hujan. Fernando Alonso dan Michael Schumacher out dari balapan yang berhasil didominasi duo Red Bull, Sebastian Vettel dan Mark Webber, sementara Felipe Massa mengambil alih pimpinan klasemen.

Dalam balapan yang berjalan kering, Minggu (4/4/2010), Vettel dan Webber praktis selalu ada di posisi terdepan sepanjang balapan. Sedari start, Vettel langsung melewati Webber yang meraih pole position dan kemudian menjaganya sampai akhir.

Kemenangan ini menjadi podium pertama buat Vettel dan Webber musim ini, setelah menuai hasil kurang memuaskan di Bahrain dan Australia.

Kalau Sepang menyembulkan kisah bahagia buat duo Red Bull tersebut, tidak demikian dengan Alonso. Kali ini tak ada angka buat si pembalap Ferrari yang harus kandas akibat masalah pada mobilnya, dengan dua lap tersisa sebelum finis.

Nasib nahas juga diterima juara dunia tujuh kali Michael Schumacher yang sekali lagi tak bisa mendapatkan hasil bagus. Setelah finis keenam dan sepuluh di dua seri lalu, kali ini pembalap Mercedes GP tersebut malah harus retired dini.

Beruntung Mercedes GP masih punya Niko Rosberg. Setelah sebelumnya dua kali finis di posisi lima, kali ini Rosberg berhasil naik podium dengan finis ketiga.

Sementara kegagalan Alonso meraih angka di seri ini uniknya membuat Felipe Massa, rekan setimnya di Ferrari, mengambil alih pucuk klasemen. Massa yang finis di posisi tujuh kini memimpin klasemen dengan poin 39.

Alonso yang bergeming di angka 37 kini harus rela duduk di posisi dua klasemen, dengan dibayangi Vettel yang kini telah mengoleksi angka setara.

Jalannya Balapan

Balapan belum lagi dimulai, kabar buruk datang dari Pedro de la Rosa dan kubu Sauber. Setelah mengalami masalah mesin, De la Rosa diumumkan tak bisa turun ke lintasan.

Para pembalap lain sementara itu sedang melaju dan melakukan pemanasan di bawah sinar matahari. Hujan diprediksi tak bakal turun dalam balapan, setidaknya tidak sampai setengah jalan.

Selepas start, Sebastian Vettel langsung melaju ke depan menyalip Niko Rosberg dan Mark Webber. Start bagus untuk si pembalap Red Bull.

Robert Kubica dari Renault juga start dengan apik. Dari posisi enam, dia langsung melonjak ke posisi empat. Lewis Hamilton turut memulai dengan oke setelah naik ke posisi 12 dari tempat start ke-20. Di belakangnya ada Felipe Massa, Jenson Button dan Fernando Alonso.

Perbaikan posisi selepas start juga dibuat Michael Schumacher. Setelah start dari posisi delapan, Schumi kini ada di posisi enam pada lap kedua.

Memasuki lap empat, Hamilton sudah ada di posisi sepuluh, berusaha menjauhi Kamui Kobayashi. Di lap ini mobil Timo Glock dan Jarno Trulli tampak bersinggungan. Akibatnya Glock out dari balapan.

Alonso dari Ferrari sementara itu masih ada di posisi 15 saat balapan memasuki lap nomor lima. Dia diikuti oleh Button yang ada tepat di belakangnya.

Di lap enam, Hamilton naik ke posisi sembilan. Posisi terdepan sendiri masih diisi Vettel yang terus berusaha menambah jarak dari Webber, dengan Rosberg, Kubica, Adrian Sutil dan Schumi secara berurutan ada di belakang.

Hamilton lantas mendapat persaingan ketat dari Vitaly Petrov. Sempat turun lagi ke posisi sepuluh akibat disalip Petrov, Hamilton lantas mendapat celah untuk ganti melewati Petrov lagi. Duo Ferrari sementara ada di posisi 14 dan 15 yang diisi Massa dan Alonso.

Sauber habis di lap sembilan. Setelah De la Rosa out dari awal, kini giliran mobil Kobayashi yang kandas setelah diduga mengalami kerusakan mesin.

Button jadi pembalap pertama yang masuk ke pit pada lap sepuluh. Akankah perjudian ini bisa mendongkrak posisinya yang masih tercecer di belakang?

Schumi! Kekecewaan besar kembali harus dialami si juara dunia tujuh kali. Mobil Mercedes GP-nya tiba-tiba terlihat melambat dan kemudian diberhentikan di area pinggir lintasan dengan balapan baru berjalan 10 lap.

Wow, Hamilton kembali beraksi dan kini dia sudah ada di posisi delapan mengejar Vitantoni Liuzzi dari Force India yang kini ada di depannya. Si driver McLaren tampak benar-benar bernafsu untuk terus merangsek ke depan.

Dengan 15 lap terlewati, Hamilton kini sudah ada di posisi enam, di belakang Sutil yang ada di posisi lima. Vettel sementara masih ada di depan diikuti Webber, Rosberg dan Kubica. Duo Ferrari, Massa dan Alonso, ada di posisi 11 dan 12.

Di lap ke-20, Massa kini ada di posisi tujuh diikuti oleh Alonso di belakangnya. Mereka dibuntuti oleh Button. Posisi satu sampai enam sendiri belum mengalami perubahan. Akankah hujan turun dan “mengacak-acak” jalannya balapan?

Vettel masuk pit di lap 24. Dia keluar di depan Hamilton untuk menempati posisi dua. Tempat terdepan sementara dipegang Webber. Rosberg ada di posisi tiga dengan satu pitstop, diikuti Kubica yang juga sudah masuk pit. Massa dan Alonso menguntit di belakang.

Sial untuk Webber! Masuk pit di lap 25, alat pengganti baut di ban mobilnya tampak macet. Dia kehilangan beberapa detik kendati masih bisa kembali ke lintasan di posisi tiga.

Massa akhirnya masuk pit pada lap 27. Dia kembali ke lintasan untuk menempati posisi sembilan di depan Niko Hulkenberg. Alonso di posisi enam sementara itu belum juga masuk pit sampai dengan lap 30.

Hamilton masuk pit pada lap 30. Dia masuk lagi ke lintasan di posisi tujuh, dengan Button dan Massa ada di belakangnya. Vettel, Webber, Rosberg, Kubica, Alonso dan Sutil secara beruntun mengisi posisi satu sampai enam. Hanya Alonso yang belum masuk pit.

Baru pada lap 37 Alonso masuk pit. Dari sebelumnya ada di posisi lima, Alonso lantas bergabung di peringkat sembilan di belakang rekan setimnya, Massa, yang tengah memburu Button.

Sedari lap 40 duel ketat terjadi di posisi lima sampai delapan. Hamilton berusaha keras menyalip Sutil yang ada di posisi lima sementara di belakangnya ada Button yang dikejar Massa.

Massa! Akhirnya usaha keras si pembalap Brasil berbuah pada lap 44. Dia berhasil melewati Button yang kini “dijepit” dua pembalap Ferrari dengan hidung mobil Alonso tepat di belakangnya.

Alonso akhirnya benar-benar terkendala mobil. Dalam upayanya menyalip Button, mobilnya kandas dan harus menyerah dengan dua lap tersisa. Tak ada poin di Sepang untuk Alonso.