Rio de Janeiro – Ronaldinho terancam tidak ikut Piala Dunia 2010 karena pelatih Brasil, Carlos Dunga, tidak terlalu antusias memanggilnya. Tapi Pele menyebut bahwa Samba butuh pengalaman Dinho.

Tanda-tanda bahwa Dinho akan ditinggalkan tampak ketika ia tidak dipanggil untuk membela Brasil menghadapi Irlandia bulan lalu. Dunga lantas mengisyaratkan kalau Dinho tidak akan dipanggil di masa depan.

Sinyal kalau Dunga tidak akan mengangkut Dinho ke Afrika Selatan 2010 membuat cemas Pele. Sang legenda beranggap kalau peran pemain 30 tahun itu masih diperlukan untuk membimbing junior-juniornya.

“Saya pikir Basil ada di rel yang benar tapi kita harus hati-hati karena mayoritas pemain belum pernah bermain di Piala Dunia,” ungkap Pele seperti yang dilansir Reuters.

“Jadi akan banyak tekanan dan kita harus melihat bagaimana para pemain menanganinya,” sambung pria 69 tahun yang merebut tiga Piala Dunia semasa aktif bermain itu.

Dinho adalah salah satu pemain yang berperan besar mengantar Brasil menjadi juara di Piala Dunia 2002, tahun di mana Selecao meraih penta campeon. Selain itu, Dinho juga bermain di Piala Dunia 2006.

Melihat pengalaman yang dimiliki Dinho, Pele beranggapan bahwa pemain yang kini membela AC Milan itu layak diberi kesempatan.

“Jika Ronaldinho bermain seperti sekarang ini, saya yakin dia akan jadi komponen penting karena dia bisa menolong para pemain yang lebih muda merasakan tekanan,” papar Pele.