Turin – Kurang dari tiga bulan Piala Dunia akan bergulir dan Marcello Lippi belum menunjukkan gelagat tentang ke-23 pemainnya yang akan dibawa ke Afrika Selatan. Tak salah jika striker gaek, Alessandro Del Piero, berharap masuk skuad Azzurri.

Italia yang merupakan juara bertahan akan bergabung dengan Paraguay, Selandia Baru dan Slovakia di Grup F. Meski langkahnya sempat tersendat di kualifikasi, namun Italia tetaplah tim besar dan termasuk favorit juara bersama Brasil, Spanyol, Argentina, Inggris dan Jerman.

Untuk skuad yang akan dibawa nanti ke Piala Dunia, Lippi hingga saat ini belum mengeluarkan statement tentang siapa saja yang akan dibawanya ke Afsel nanti. Dalam beberap uji coba dan laga kualfikasi, Lippi mencoba kombinasi pemain tua-muda.

Ini bisa diartikan kalau peluang seluruh Italiano masih sama besarnya untuk dipilih Lippi, termasuk pula Del Piero yang termasuk pemain senior di tim itu dengan umurnya yang kini menginjak 35 tahun serta koleksi caps-nya yang mencapai 91 dan 27 gol.

Meski termasuk salah satu pahlawan Italia saat menjuarai PD 2006, Del Piero tak mau terlalu yakin dirinya bakal terpilih meski pun ia masih berharap untuk itu. Sinyalemennya adalah penampilannya yang kurang maksimal musim ini seiring Juventus yang tampil buruk juga.

“Pemanggilan itu adalah konsekuensi apa yang anda lakukan di liga,” tegas Del Piero di Sky Sports.

“Konsentrasiku sekarang terpusat untuk Juve. Aku harap pelatih (Lippi) akan memilih yang terbaik untuk Italia dan kuharap aku menjadi bagian dari tim tersebut,” pungkas pemain berjuluk Il Pinturicchio.

Pesaing Del Piero saat ini untuk posisi striker adalah topskorer sementara Seri A, Antonio Di Natale, Luca Toni, Fabio Quagliarella, Simone Pepe, Alberto Gilardino, dan rekannya di Juve, Vincenzo Iaquinta.