Roma – Spekulasi mengenai siapa calon pelatih baru Italia menggantikan Marcello Lippi belakangan mencuat dan beberapa nama ikut muncul. Tapi FIGC menegaskan bahwa mereka belum ancang-ancang mendekati siapa pun.

Lippi diyakini akan mundur dari posisinya sebagai pelatih kepala timnas Italia pasca Piala Dunia 2010 mendatang. Pengakuan Lippi bahwa dia belum memikirkan masa depannya pun tak lantas menggugurkan spekulasi yang sudah kadung beredar.

Beberapa nama bahkan telah digadang sebagai calon pelatih baru Azzurri, dengan salah satu nama yang jadi favorit kuat adalah pelatih Fiorentina Cesare Prandelli.

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) melalui sang presiden Giancarlo Abete sebelum ini sudah menegaskan bahwa akan mengumumkan keputusannya sebelum putaran final Piala Dunia 2010 musim panas ini. Hal itu pula yang kini kembali ditegaskan.

“Federasi sudah sangat jelas: sebelum pergi ke Afrika Selatan, kami akan mengumumkan apa yang terjadi setelah Piala Dunia karena pada tanggal 11 Agustus kami sudah harus beraksi ke lapangan lagi,” tegas Abete di Football Italia.

Secara khusus, Abete juga mengonfirmasi bahwa FIGC sama sekali belum melakukan pendekatan kepada nama-nama yang dispekulasikan menggantikan Lippi. “Belum ada kontak spesifik yang dilakukan,” lugas dia