Jakarta – Kapasitas yang besar memang mutlak diperhitungkan ketika pengguna ingin membeli sebuah media penyimpanan. Namun kini lebih dari itu, keamanan data juga kian dibutuhkan terlebih lagi untuk sebuah media yang bersifat portable.

Alih-alih membuat sebuah flash drive berbasis USB yang memiliki kapasitas besar, Corsair juga mempertimbangkan faktor keamanan data dari piranti yang dibesutnya.

Sebut saja Corsair Padlock 2, sebuah media penyimpanan dengan kapasitas 8GB yang diklaim tahan dengan percikan air. Tidak hanya itu, produk ini juga dibekali dengan proteksi data berupa enkripsi 256bit dan kombinasi password

Proteksi Data yang Mudah Namun Beresiko

Untuk menggunakan sistem proteksi dalam Padlock 2 tidaklah sulit. Pengguna hanya perlu memasukan kombinasi angka yang terdiri dari 4 sampai 10 digit, kemudian secara otomatis data akan langsung terlindungi.

Antarmuka yang digunakan pun terlihat cukup sederhana. Pengguna hanya menjumpai 6 tombol yang terdiri dari sebuah tombol ‘kunci’ dan 5 tombol yang merupakan kombinasi angka.

Sistem proteksi yang dibenamkan pun terbilang cukup aman, karena dalam posisi terkunci produk ini tidak akan terdeksi oleh komputer. Sehingga para tangan-tangan jahil pun tidak akan bisa membaca file yang ada di dalamnya.

Namun jangan salah, saking amannya proteksi yang ingin diterapkan oleh Corsair melalui produk ini, lupa kombinasi password bakal berakibat fatal bagi pemiliknya.

Misalnya, pengguna lupa akan kombinasi password yang ia masukkan, kemudian solusi terakhir yang dipilih adalah me-reset password tersebut melalui kombinasi tombol yang ada dalam produk ini.

Walhasil, meski password tersebut berhasil di-reset namun pengguna terancam kehilangan data yang ada dalam Corsair Padlock 2 miliknya. Pasalnya, setiap dikoneksikan ke dalam komputer, sistem operasi akan mem-format media penyimpanan tersebut.

Meski data yang hilang berpotensi dikembalikan dengan bantuan aplikasi khusus, namun hal tersebut sangat tidak menjanjikan. Karena file yang telah hilang itu tidak akan kembali utuh seperti sediakala.

Kapasitas Besar Bekemampuan Hebat

Corsair Padlock 2 8GB, tidak hanya terbilang memiliki kapasitas yang besar di kelasnya. Namun produk ini juga memiliki kecepatan penulisan data yang cukup baik.

Untuk membuktikannya, detikINET coba memindahkan sebuah file yang berukuran 700MB kedalam produk ini. Hasilnya, hanya membutuhkan waktu sekitar 60 detik bagi Corsair Padlock 2 8GB untuk menyelesaikan tugasnya. Itupun diraih dengan kecepatan penulisan hingga 10 MB/sec.

Hadirnya Corsair Padlock 2 versi 8GB, tidak hanya ditujukan untuk para pengguna yang mementingkan keamanan data. Namun juga bagi para pengguna yang membutuhkan sebuah media penyimpanan praktis dengan performa yang hebat.

Namun sayang, hal tersebut harus dibayarkan dengan harga yang cukup mahal. Untuk Padlock 2 dengan kapasitas 8GB, Corsair membanderol produk ini di kisaran harga USD 60.

Kelebihan:
+ Data Aman
+ Kapasitas Besar
+ Performa Handal

Kekurangan:
– Mahal
– Data Berpotensi Hilang
Dalam mereview produk ini, detikINET menggunakan sistem berbasis: Prosesor Intel Core i7 965, Intel DX580SO, MSI GTX 275, Corsair HX1000W, Corsair Dominator 6GB kit, WD Raptor 300GB, ASUS VH226 dan sistem operasi Windows 7