Jakarta – Operator seluler Telkomsel mencatat penambahan 2,5 juta pelanggan baru dari 69 seri ponsel yang dibundelnya bersama 18 mitra vendor ponsel sejak 2009 lalu hingga kuartal pertama 2010.

“Pelanggan dari program bundling kami lebih banyak di Pulau Jawa, di mana 60% penjualan ada di sana,” ungkap Deputy VP Channel Management Telkomsel, Agus Setia Budi, usai peluncuran bundling tiga ponsel Micxon-Kartu As di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (8/4/2010).

Dari total 69 seri ponsel yang dibundel Telkomsel, Nokia merupakan yang terbanyak dipaketkan operator itu dengan jumlah 23 seri. Kemudian disusul oleh Samsung (6 seri), TiPhone (6 seri), BlackBerry (5 seri), LG (4 seri), Nexian (4 seri), Micxon (4 seri), Sony Ericsson (3 seri), serta iPhone (2 seri).

Sisanya, Telkomsel hanya membundel satu-dua produk saja untuk ponsel merek lokal dan asing yang tidak begitu terkenal. Meski demikian, jumlah ini dirasa cukup bagi sang operator untuk mengejar pangsa pasar dari program bundling.

“Kami yakin dengan 69 seri ponsel yang telah kami bundling bersama 18 mitra sejak tahun lalu, menjadikan Telkomsel sebagai operator raja bundling yang memiliki lebih dari 82 juta pelanggan seluler di tanah air,” pungkas Agus.